Raker DPRD Medan Hasilkan 10 Kesepakatan Program Prioritas Kerja Tahun 2024

Bos com,MEDAN- Setidaknya ada 10 program prioritas kerja yang menjadi kesepakatan untuk dikerjakan diakhir masa jabatan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan periode 2019-2024, dan menjadi target terwujud pada Tahun 2024.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Medan Hasyim SE saat penutupan rapat kerja (Raker) DPRD Medan dalam rangka Penyusunan Program Kerja Tahun 2024 di The Hill Hotel And Resort Sibolangit Kabupaten Deliserdang, Selasa (18/7/2023).

Dimana dalam Reker yang berlangsung dari tanggal (16-18 Juli 2023) itu telah merumuskan dan menyepakati 10 program prioritas kerja yang akan menjadi target dan terwujud pada Tahun 2024.

Adapun ke 10 kesepakatan tersebut yakni : 1. Upaya penuntasan Rancangan Peraturan Daerah. Terkait hal ini, DPRD Medan sepakat untuk perlu mengambil langkah konkret melalui program pembentukan Perda yang komprehensif dan kolaboratif dengan Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui perangkat daerah dan berbagai pihak, sehingga menghasilkan Perda yang berkualitas dengan tepat waktu.

2. Mempercepat realisasi dan meningkatkan kualitas penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah

(APBD) Kota Medan Tahun Anggaran (TA) 2024. Penggunaan anggaran dengan efisien, efektif, ekonomis, transparan, dan akuntabel.

3. Meningkatkan tata kelola keuangan dan barang milik daerah yang baik dan tepat serta, melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan penyerapan APBD sekaligus mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

4. Mendorong Pemko Medan mencapai kota Smart City yang maju dan inovatif, didukung perencanaan yang matang. Mengembangkan teknologi inovatif dan infrastruktur digital yang memungkinkan terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang efektif. Pelaksanaan perizinan yang mudah dan cepat, serta pelayanan publik yang terintegrasi dengan baik.

5. Mendorong peningkatan indeks inovasi daerah. DPRD berharap Medan menjadi “kota terinovatif” dengan berbagai inisiatif dan terbukanya kesempatan yang menstimulasi kreativitas dan kolaborasi antara sektor publik, swasta dan masyarakat.

6. Dalam upaya optimalisasi kinerja dewan,

DPRD Medan mendukung pengembangan sistem dan teknologi, khususnya aplikasi yang telah dibangun di Sekretariat DPRD Kota Medan yaitu “smart-wan”untuk mengakselerasitata kelola pemerintahan yang baik, responsif, dan transparan. Memastikan terselenggaranya rangkaian aktivitas kerja wakil rakyat secara paripurna, dan keterlibatan masyarakat dalam proses pembuatan kebijakan publik melalui layar interaktif aspirasiyang baru saja diluncurkan.

7. Mendorong penyempurnaan tata kelola pemerintahan yang lebih baik, melalui penyempurnaan mekanisme pengawasan, serta penerapan manajemen risiko.

8. DPRD Medan berkomitmen menyukseskan terselenggaranya pesta demokrasi tahun 2024 baik pemilihan legislatif (Pileg) maupun pemilihan kepala daerah (Pilkada).

9. Bergerak berkolaborasi untuk mencapai target investasi daerah sebagai salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi.

10. DPRD Medan berkomitmen untuk menjaga konsistensi pertumbuhan ekonomi dan melakukan pengendalian laju inflasi di Kota Medan. Dalam upaya ini, DPRD mendukung dan membantu Pemko Medan dalam pengendalian laju inflasi perkotaan dan menjaga konsistensi pertumbuhan ekonomi di Kota Medan.

Untuk itu Hasyim berharap agar hasil raker DPRD Medan ini benar-benar dapat direalisasikan sebagai wujud program prioritas kerja tahun 2024.

“Saya berharap hasil raker ini benar-benar dapat direalisasikan

sebagai wujud program prioritas kerja Tahun 2024,”imbuh Hasyim yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Medan.(S.Smjk)

Lebih baru Lebih lama