Cek Kondisi Drainase dan Kebersihan Lapas, Kalapas Kontrol Brandgang

Bos com,MEDAN - Menindaklanjuti pembersihan drainase (saluran air) yang telah dilaksanakan sebelumnya, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Medan, Agustinawati Nainggolan kembali tinjau brandgang didampingi oleh Staf Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Rabu (13/09).

Drainase (saluran air) adalah tempat pembuangan massa air secara alami atau buatan yang berperan penting untuk mengatur pasokan air demi pencegahan banjir. Di Lapas Perempuan Medan sendiri, drainase adalah hal yang sangat penting dan diperhatikan mengingat suatu waktu blok hunian dapat tergenang jika intensitas hujan sangat tinggi.

Setelah alat berat diterjunkan, Agustina kembali memeriksa kondisi drainase yang berada tepat di brandgang lapas. Tak tanggung-tanggung hasilnya sangat berdampak terhadap kondisi drainase di dalam lapas. Terlihat air sudah dapat mengalir dengan lancar meskipun sebelumnya terjadi hujan.

Tak berhenti sampai di situ, Agustina juga memeriksa kebersihan brandgang. Beliau menghimbau kepada Staf KPLP untuk membersihkan rumput-rumput liar yang tumbuh. Rumput-rumput liar yang apabila sudah meninggi dapat menyebabkan terbatasnya ruang pantau oleh petugas pengamanan ketika bertugas. Untuk itu, dengan tegas Agustina menyampaikan agar kebersihan brandgang selalu diperhatikan setiap waktu.

“Walaupun brandgang adalah area yang jarang dilihat, akan tetapi kebersihan harus tetap diperhatikan demi keamanan dan ketertiban serta mencegah berbagai datangnya penyakit…” Jelas Agustina.

Kegiatan tersebut sebagai bentuk deteksi dini untuk mencegah terjadinya banjir, gangguan keamanan dan ketertiban, begitu juga sebagai bentuk pencegahan terjadinya pelarian.(Rel/JN)

Lebih baru Lebih lama