Kunjungi Lapas Perempuan Medan Kanwil Kumham Sumut,Genbi Komisariat USU Sosialisasikan Pemulihan Psikososial, Kesehatan Mental dan CBPR

Photo Kalapas Perempuan Medan  Agustinawati Nainggolan
Bos com,MEDAN - Kebanyakan masyarakat awam masih penasaran dengan keseharian warga binaan yang menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Kesan menyeramkan cenderung melekat ketika masyarakat mendengar kata “Lapas”. Oleh karena itu, kali ini Lapas Perempuan Kelas II A Medan kedatangan komunitas mahasiswa Genbi Komisariat Universitas Sumatera Utara (USU) untuk melihat langsung kehidupan warga binaan sekaligus memberikan sosialisasi terkait Pemulihan Psikososial, Kesehatan Mental di lingkungan Lapas serta Cinta, Bangga, Paham Rupiah (CBPR) kepada warga binaan, Sabtu (30/09).

Dalam kegiatan tersebut, Hanna Sakinah selaku oleh Ketua Umum Genbi Komisariat USU mengucapkan terima kasih kepada pihak Lapas Perempuan Kelas II A Medan, karena telah menerima mereka dengan baik dan telah membantu dalam mempersiapkan kegiatan tersebut. Pihaknya berharap seluruh warga binaan yang hadir dapat mengambil pelajaran dan manfaat dari kedatangan mereka.

Di sisi lain, Kepala Lapas Perempuan Kelas II A Medan, Agustinawati Nainggolan juga berterima kasih atas kedatangan mereka yang tak lain dan tak bukan untuk memerhatikan kesehatan mental warga binaan. Dalam kesempatan tersebut, Agustina juga menjelaskan terkait pembinaan yang dilaksanakan untuk memperbaiki kehidupan warga binaan agar menjadi manusia seutuhnya. 

Kegiatan dilanjutkan dengan Penyerahan Plakat kepada Kepala Lapas Perempuan Kelas II A Medan. Kemudian, Sosialisasi Cinta, Bangga, Paham Rupiah (CBPR) yang menjelaskan tentang karakteristik uang untuk menjaga diri dari kejahatan uang palsu, fungsi rupiah dalam perekonomian, dan pemeriksaan kesehatan warga binaan. Generasi Baru Indonesia (Genbi) sendiri merupakan komunitas yang terdiri dari mahasiswa/i penerima beasiswa Bank Indonesia (BI).

Tak sampai di situ, mereka juga tour ke blok hunian untuk melihat pembinaan dan berbagai hasil karya warga binaan. Kasubsi Bimaswat, Yustinasari Harahap memimpin langsung kegiatan tersebut sekaligus memberikan penjelasan mengenai kehidupan warga binaan di dalam Lapas. Hanna Sakinah, Ketua Umum Genbi Komisariat USU terkesan dengan pembinaan warga binaan dan membeli sajadah hasil karya WBP.(JN)

Lebih baru Lebih lama