Lapas Kelas I Medan Laksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023

Bos com,MEDAN – Peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan momen kebangkitan bagi rakyat Indonesia untuk meningkatkan jiwa serta rasa patriotisme dan nasionalisme. Begitu juga dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan yang menggelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Senin Pagi (02/10/2023).


Upacara yang mengusung tema "Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa, Menjadi Indonesia Maju" ini diikuti oleh Jajaran Pejabat Struktural, Pelaksana, dan Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas I Medan

Kepala Lapas Kelas I Medan, Maju Amintas Siburian melalui Sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia menyampaikan alasan mengapa pancasila itu sakti, selalu dapat bertahan dan terus menunjukkan eksistensinya dari guncangan kisruh politik di negara ini.


"Pancasila merupakan media pemersatu bangsa yang didalamnya terkandung nilai -- nilai toleransi, harmonisasi, dan bersifat terbuka mengikuti perkembangan zaman. Pancasila hadir atas karunia Tuhan Yang Maha Kuasa kepada Indonesia dan petunjuk bagi seluruh bangsa Indonesia dalam memajukan bangsanya di masa masa yang akan datang," Ujar Maju.


"Dalam pembangunan Indonesia, Pancasila menjadi sumber energi, sebagai kekuatan dan pedoman dalam memperjuangkan bangsa, menjadi alat membangun kerukunan antar masyarakat dan sebagai pedoman dalam kehidupan sehari -- hari," sambungnya.


Di akhir sambutannya Kalapas mengajak seluruh keluarga besar Kemenkumham menjadi teladan dan contoh dalam mengaktualisasikan nilai - nilai pancasila, bergerak aktif memperkokoh nilai - nilai pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju serta cita - cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Kegiatan kemudian ditutup dengan foto Bersama.(JN)



Lebih baru Lebih lama