Kakanwil Kemenkumham Sumut Temui Tuan Guru Babussalam Besilam di Langkat

Bos com,.LANGKAT — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara Mhd. Jahari Sitepu, disela-sela kesibukannya menyempatkan diri temui Tuan Guru Babussalam Besilam, Syekh Zikmal Fuad Mursyid di Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat. (6/11)

Jahari disambut langsung oleh Syekh Zikmal Fuad Mursyid, selaku Tuan Guru ke-12 dari Tuan Guru pertama, Syekh Abdul Wahab Rokan.

Bersumber dari beberapa literasi sejarah, Kampung Babussalam Besilam, Kabupaten Langkat dibentuk pada Tahun 1883 oleh Syekh Abdul Wahab Rokan, di atas tanah wakaf seluas 131,5 hektar dari Raja Musa.

Jahari bercerita kepada Syekh Zikmal Fuad Mursyid bahwa ia merupakan putra asli daerah Sumatera Utara yang saat ini dipercayakan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly untuk mengemban amanah sebagai Kakanwil Kumham Sumatera Utara.

"Alhamdulillah saya mendapat amanah dari Bapak Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly untuk memimpin Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara. Sebelumnya saya sempat menjadi Kakanwil Kumham Jambi dan Riau," ucap Jahari.

Keduanya tampak berdialog dengan hangat saling bertukar pikiran dan berbagi pengalaman. Syekh Zikmal Fuad bercerita tentang perkembangan agama Islam di daerah Langkat dan menyampaikan pandangan intelektualnya kepada Jahari.

"Beliau merupakan tokoh yang sangat dihormati di sini. Banyak ilmu yang saya dapatkan dari beliau," ujar Jahari.

Tak lupa Jahari juga memohon do'a agar Lapas/ Rutan serta satuan kerja dibawah kepemimpinannya agar selalu dalam keadaan aman dan kondusif.

Syekh Zikmal Fuad pun berterima kasih atas silaturahmi yang dilakukan Jahari.

Turut mendampingi pejabat struktural lingkungan Kanwil Sumatera Utara.(JN)

Lebih baru Lebih lama