Bersama Dinas Kesehatan Simalungun, Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Periksa Kesehatan WBP

Bos com,PEMATANGSIANTAR - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pematangsiantar Kanwil Kemenkumham Sumut menggelar kegiatan Mobile VTC Testing HIV dan Skrinning TB Terhadap Warga Binaan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mengenai penyakit menular tersebut di kalangan warga binaan. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pencegahan yang dilakukan pihak lapas untuk memastikan kesehatan seluruh penghuni. Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Simalungun, kegiatan ini dilaksanakan di Klinik Lapas Pematangsiantar pada Rabu, 22 Mei 2024 pukul 08.30 wib.

Dengan melibatkan tenaga medis lapas Pematangsiantar dan Tenaga Kesehatan dari Puskesmas Batu Anam dan Rambung Merah, proses pemeriksanakan dilakksanakan sesuai dengan sop yang berlaku. Setiap warga binaan menjalani pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk mendeteksi kemungkinan infeksi. Proses skrining melibatkan tes darah dan konseling, di mana para warga binaan diberikan informasi yang lengkap tentang penularan, pencegahan, dan pengelolaan Penyakit menular TB dan HIV-AIDS.

Kegiatan ini merupakan bentuk pencegahan yang dilakukan oleh pihak lapas guna meminimalisir terjadinya wabah penyakit menular mengingat kondisi dalam lapas dapat mempermudah terjadinya penularan penyakit. Dengan demikian, pihak Lapas dapat melakukan pencegahan serta penanganan dini apabila dijumpai adanya indikasi warga binaan yang terjangkit penyakit TB dan HIV.

Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan ini, dapat memperteguh komitmen lapas Pematangsiantar dalam mewujudkan pemenuhan hak asasi bagi warga binaan sekaligus ketersedian layanan kesehatan bagi mereka.(JN/IG)



Lebih baru Lebih lama