Peduli Kesehatan WBP, Rutan Labuhan Deli Gelar Skrining HIV dan Sifilis

Bos com,LABUHAN DELI – Dalam rangka deteksi dini penyakit menular, serta menjaga kesehatan Warga Binaan. Rumah Tahanan Negara (Rutan) I Labuhan deli Kanwil Kemenkumham Sumut gandeng Puskesmas Medan Labuhan Melaksanakan Screnning HIV dan Sifilis, bertempat di Aula Moralitas Rutan Labuhan Deli, Kamis (02/05).

Dalam Kegiatan Skrining tersebut dihadiri oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Pawer Siahaan, Dokter dan Perawat dari Klinik Rutan I Labuhan Deli. Skrining ini dilakukan Oleh Tim medis dari Puskesmas Medan Labuhan di pimpin oleh dr Iksan Budi, dr Sasmita dan rekan-rekan. Warga Binaan Pemasyarakatan yang ikut sebagai peserta dalam Skrining tersebut sebanyak 33 Orang.

Dari jumlah tersebut ditemukan 1 (satu) orang Warga Binaan positive HIV dan 1 (satu) orang positif sifilis. Kegiatan ini betujuan untuk menemukan warga binaan yang menderita Penyakit tersebut dan segera mendapat pengobatan. Kerjasama pihak Rutan I Labuhan Deli dengan Puskesmas Medan Labuhan selama ini terus berlangsung dengan baik. Khususnya dalam Pengendalian Penyakit Menular dan PTM bagi WBP di Rutan I Labuhan Deli.

Pawer Siahaan, Kepala Seksi Pelayanan mengapresiasi sinergi yang dibangun antara Puskesmas Medan Labuhan untuk mengatisipasi penyebaran HIV/AIDS di dalam Rutan. Pemeriksaan tersebut dilakukan bertujuan untuk menemukan penderita sedini mungkin penyakit HIV dan IMS sehingga penyakit secepatnya diberikan pengobatan dan tidak mencapai kondisi sakit yang cukup parah. 

"Terima kasih kami ucapkan kepada Puskesmas Medan Labuhan atas sinergi yang dibangun, ini tentu akan bermanfaat bagi kami di dalam Rutan, karena dengan skrining ini, kita dapat mengetahui warga binaan kita yang positif, sehingga kami bisa mengambil tindakan cepat," ujar Pawer.(JN)

Lebih baru Lebih lama