Berbalut Busana Adat, Lapas Kelas III Pangururan Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila.

Bos com,SAMOSIR - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Pangururan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara menyelenggarakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 dengan penuh khidmat dan semangat kebangsaan. Upacara yang berlangsung di lapangan Lapas ini diikuti oleh seluruh Jajaran Pegawai dan Warga Binaan sebagai bagian dari upaya menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Sabtu (1/6).

Upacara dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan prosesi pengibaran bendera Merah Putih yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Bertindak sebagai inspektur upacara Kalapas Kelas III Pangururan Jeremia Leonta Dalam sambutannya menekankan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara.

"Pancasila adalah dasar negara yang menjadi pedoman bagi kita semua. Dalam momentum Hari Lahir Pancasila ini, kita harus merefleksikan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari, termasuk dalam proses pembinaan warga binaan di Lapas Pangururan ini," ujar Jeremia.

Kalapas Pangururan juga mengajak seluruh peserta upacara untuk menjadikan Pancasila sebagai landasan dalam bertindak dan berinteraksi.

"Semangat gotong royong, persatuan, dan keadilan sosial yang terkandung dalam Pancasila harus kita wujudkan dalam setiap aspek kehidupan kita," tambahnya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapas Pangururan berlangsung dengan lancar dan penuh makna. Semangat. kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila yang ditunjukkan dalam upacara ini diharapkan dapat terus dihayati oleh seluruh warga binaan dan petugas.

Dengan demikian, Lapas Pangururan tidak hanya menjalankan fungsi pemasyarakatan, tetapi juga berperan aktif dalam menanamkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air.(JN)



Lebih baru Lebih lama