Lapas Medan Gelar Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Bos com,MEDAN - Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan melaksanakan kegiatan upacara bendera dalam rangka Memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, pada hari Sabtu tanggal 1 Juni 2024.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini mengusung tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045".

Kalapas Kelas I Medan, Maju Amintas Siburian, bersama jajaran menggunakan beragam baju adat yang dikenakan dalam peringatan Hari Lahir Pancasila, Bertempat di Lapangan Upacara.

Kegiatan diawali pengibaran bendera merah putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kegiatan dilanjutkan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa. Selanjutnya pembacaan teks pancasila oleh Inspektur Upacara dan pembacaan teks pembukaan Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945.

Kepala Lapas Kelas I Medan, Maju Amintas Siburian selaku Inspektur Upacara pada kesempatan ini dalam amanatnya membacakan sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila bahwa keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

Pada akhir sambutannya, Maju Amintas Siburian mengajak kepada seluruh jajarannya untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapas Medan tahun ini tidak hanya menjadi wujud penghormatan terhadap sejarah bangsa, tetapi juga sebagai upaya nyata dalam memperkuat semangat persatuan dan kesatuan ditengah keberagaman, kegiatan upacara yang tidak hanya diikuti oleh Petugas, turut juga mengikuti upacara Warga Binaan Pemasyarakatan, kegiatan kemudian ditutup dengan foto bersama.(JN)


#

Lebih baru Lebih lama