Lapas Rantauparapat Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Bos com,RANTAUPRAPAT-  Seluruh Bangsa Indonesia memperingati Hari Lahirnya Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak pendiri bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha- Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK). Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengangkat tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju Mandiri dan berdaulat.

"Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka "Tunggal Ika"," Tutur Herliadi saat membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia di Lapangan Lapas Rantauprapat, Sabtu (01/06/2024).

Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih di tengah krisis Global yang terjadi, Indonesia berhasil menjadi stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya," tambahnya.

Kepala Lapas Kelas IIA Rantauprapat,Herliadi mengajak seluruh Jajaran Petugas Pemasyarakatan yang bertugas di Lapas Rantauprapat khususnya untuk bersama-sama bergotong-royong merawat Anugerah Pancasila Melalui peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni ini. " melalui momentum peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 saya mengajak rekan-rekan sekalian untuk bergotong-royong merawat Anugerah Pancasila.(JN)



Lebih baru Lebih lama