Ratusan WBP Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan Gelar Sholat Idul Adha Berjamaah

Bos com,PADANGSIDIMPUAN- Dilaksanakan di Mesjid Al-Ikhlas Lapas, tampak ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan sangat antusias dan khidmat mengikuti pelaksanaan Shalat Idul Adha 1445 H secara berjamaah, Senin (17/16/24). 

Meski diguyur hujan dipagi hari namun suara takbir dan tahmid tetap terdengar menggema dilantunkan para warga binaan. Suasana yang religius dan penuh kebersamaan antara petugas dan warga binaan membaur bersama berkumpul di Mesjid Lapas guna melaksanakan sholat Idul Adha secara berjamaah yang dipimpin oleh Ustadz Donal Pasaribu dari Kemenag Kota Padangsidimpuan yang juga sebagai Penyuluh Agama Islam yang aktif berperan dalam bidang pembinaan kepribadian di Lapas Padangsidimpuan.

Hari raya Idul Adha jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah menurut kalender Hijriah yang juga merupakan puncak ibadah haji, dimana jutaan umat Islam dari seluruh dunia berkumpul di Mekkah untuk melakukan rangkaian ibadah yang menjadi rukun Islam kelima ini.

Dalam pesan khutbahnya, Ustadz menyampaikan makna yang mendalam dari pelaksanaan Idul Adha bagi setiap umat muslim sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. 

“Idul Adha mengajarkan nilai-nilai pengorbanan, keikhlasan, kesabaran, ketaatan, dan sekaligus nilai berbagi sebagai pengingat kepada manusia bahwa jalan menuju surga membutuhkan pengorbanan dan ketaatan atas perintah-Nya sebagaimana kisah Nabi Ibrahim a.s dan Nabi Ismail a.s,” ucap Donal Pasaribu.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan melalui Kepala Seksi Pembinaan Anak Didik (Kasi Binadik), Efrida Sri Mulyana, mengajak seluruh jamaah untuk menjadikan Idul Adha sebagai momen yang tepat untuk meraih ridho Allah SWT. Dengan memaknai pengorbanan yang dilakukan di jalan yang benar, diharapkan kita semua dapat meningkatkan kualitas hidup dan mendapatkan keberkahan yang lebih baik di masa mendatang.

Semoga perayaan Idul Adha di Lapas Padangsidimpuan kali ini membawa ketentraman, keberkahan, dan perubahan positif bagi seluruh warga binaan dan petugas.(JN/Humas)



Lebih baru Lebih lama