Terus Kembangkan SAE, Lapas Pemuda Langkat Gelar Kegiatan Penanaman

Bos com,LANGKAT- Lapas Pemuda Kelas III Langkat Kanwil Kemenkumham Sumut terus berkomitmen dalam memberikan pembinaan kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Salah satu upaya yang dilakukan adalah penanaman bibit di lahan Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Lapas Pemuda Langkat, Sabtu (29/06).

Kegiatan penanaman yang dipimpin langsung oleh Kalapas Pemuda Langkat, Raymon Andika Girsang dan Ketua Dharma Wanita, Ny. Citra Raymon Girsang didampingi oleh Kasubsi Pembinaan, Marhisar Sinaga, Kasubsi Kamtib, Hotler Krisman Pasaribu, Kasubsi AO, Juan Carlos, Kaur Tata Usaha, Abul Fauzi Tarigan, ibu-ibu dharma wanita, jajaran staf, Taruna Poltekip dan CPN

Kalapas mengatakan kegiatan pembinaan kemandirian SAE ini juga mendukung keputusan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS-403.PK.01.04.04 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Sarana Asimilasi dan Edukasi di Lembaga Pemasyarakatan. Berdasarkan keputusan tersebut, penyelenggaraan SAE di Lapas bertujuan untuk mengoptimalkan pembinaan kemandirian dengan membaurkan narapidana ke tengah masyarakat dan membuka peluang partisipasi serta edukasi bagi masyarakat tentang kegiatan dan hasil produk pembinaan kemandirian sehingga terbangun citra positif penyelenggaraan Sistem Pemasyarakatan.

"Saya berharap dengan telah adanya SAE Lapas Pemuda Langkat ini dapat terus meningkatkan pembinaan bagi warga binaannya dan mengasah kemampuan serta kreativitas warga binaan itu sendiri yang nantinya dapat dijadikan bekal keterampilan mereka menjadi mandiri dan kembali menjadi manusia seutuhnya yang bermanfaat", pungkasnya.

Perpanjang tangan Kalapas, Marhisar Sinaga mengatakan Sebelum dilakukan penanaman, proses pembibitan telah dilakukan oleh para WBP di bawah bimbingan petugas lapas. Proses ini mencakup pemilihan benih berkualitas,teknik penyemaian, hingga perawatan bibit agar siap ditanam di lahan terbuka, adapun tanaman yang akan ditanam adalah terong, rambutan, mangga, durian dan jambu.(JN)



Lebih baru Lebih lama