Rutan Balige Buka Layanan Perpustakaan Keliling (Pusling)

Bos com,BALIGE - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Balige Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara, meluncurkan sebuah inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Inovasi ini berupa layanan Perpustakaan Keliling (Pusling), sebuah terobosan yang diharapkan dapat memberikan akses lebih luas terhadap informasi dan pengetahuan bagi mereka.

Pusling ini adalah sebuah gerobak yang mengangkut berbagai koleksi buku, mulai dari literatur, novel, buku pelajaran, hingga majalah dan koran. Setiap minggunya di hari Rabu, Pusling akan berkeliling ke blok hunian WBP, sehingga para warga binaan dapat membaca dan meminjam buku. Adapun buku-buku tersebut didapat atas sinergi Rutan Balige dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Provinsi Sumatera Utara.

Kepala Rutan Balige, David Nicolas menyatakan bahwa inovasi ini merupakan bagian dari upaya pihak Rutan untuk memberikan fasilitas yang dapat mendukung pendidikan dan pengembangan diri para WBP. "Kami ingin menciptakan lingkungan yang mendukung rehabilitasi dan pengembangan diri para WBP. Dengan adanya Pusling, kami berharap minat baca mereka akan meningkat dan mereka dapat mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat selama menjalani masa pembinaan di Rutan Balige," ujar Karutan David.

Dengan adanya inovasi Pusling ini, Rutan Balige berharap dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi para WBP. Membaca bukan hanya menjadi aktivitas untuk mengisi waktu luang, tetapi juga sebagai sarana edukasi bagi para warga binaan dalam menambah pengetahuan dan mengembangkan keterampilan mereka.(JN/IG)



Lebih baru Lebih lama