Rutan Cipinang Gencar Lakukan Revitalisasi Sistem Listrik Demi Tingkatkan Keamanan dan Efisiensi

Bos com,JAKARTA- Guna mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban akibat pemasangan jaringan listrik yang kurang baik, Kepala Rutan Kelas I Cipinang Sukarno Ali menginstruksikan kepada Kepala Seksi Pengelolaan Rutan Cipinang, Kiki Aji Hidayat bersama jajaran untuk melakukan pengecekan aliran listrik agar segera dilakukan revitalisasi sistem arus listrik yang ada di seluruh Gedung Rutan Cipinang, Sabtu (20/7).

Kegiatan ini diambil sebagai upaya meningkatkan keamanan gedung dan efisiensi biaya listrik di kemudian hari dan Pengecekan dilakukan secara menyeluruh terhadap kondisi instalasi listrik yang ada, termasuk kabel listrik, sakelar, panel listrik serta aliran listrik-listrik liar yang ada di blok hunian warga binaan.

Kepala Seksi Pengelolaan Rutan Cipinang, Kiki Aji Hidayat menjelaskan bahwa pengecekan ini sangat penting untuk mengidentifikasi potensi bahaya yang dapat mengancam keselamatan penghuni rutan. “Keamanan adalah prioritas utama kami. Dengan pengecekan ini, kami dapat mencegah terjadinya kebakaran atau gangguan listrik yang bisa membahayakan penghuni dan petugas,” ungkap Kiki.

Selain aspek keamanan, revitalisasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan listrik di Rutan Cipinang. Pihak rutan berencana mengganti peralatan listrik yang boros energi dengan yang lebih efisien. “Kami berharap dengan peralatan baru, konsumsi listrik bisa lebih hemat sehingga biaya operasional dapat ditekan,” tambah Kiki. 

Langkah ini juga sejalan sesuai dengan arahan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, R. Andika Dwi Prasetya untuk melakukan deteksi dini dalam memastikan keamanan dan ketertiban. Jangan sampai aliran listrik yang buruk dapat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti resiko arus pendek atau kebakaran.

Lebih lanjut, Revitalisasi ini direncanakan akan dilakukan secara bertahap, dengan target selesai dalam beberapa bulan ke depan. Kiki dan timnya akan terus memantau perkembangan perbaikan ini untuk memastikan semua berjalan sesuai rencana. Mereka juga akan bekerja sama dengan pihak ketiga yang ahli dalam bidang kelistrikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain melakukan pengecekan jaringan kelistrikan, Rutan Cipinang juga menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan meningkatkan kesiapsiagaan petugas sebagian bentuk mitigasi bencana kebakaran.(JN)

Lebih baru Lebih lama