Ciptakan Lingkungan Yang Bersih Dan Sehat, WBP Lapas Perempuan Medan Bersihkan Area Brandgang

Bos com,MEDAN - Selama menjalani pidana di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Medan, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) menghabiskan waktunya dengan mengikuti berbagai pembinaan dan kegiatan yang positif. Salah satunya gotong-royong kebersihan Lapas. Setelah membersihkan area blok hunian, kali ini WBP turut bergotong-royong membersihkan area Brandgang pada Rabu (11/09/24).  

Kegiatan yang diawasi langsung oleh Kasi Adm. Keamanan dan Ketertiban (Kamtib), Elfrida Sri Mulyana dan Kasubsi Keamanan, Tetti Derwati Siregar tersebut merupakan upaya untuk mengajak seluruh warga binaan dalam meningkatkan kesadaran guna menjaga kebersihan lingkungan Lapas. Lingkungan Lapas yang bersih dan sehat tentunya dapat mencegah datangnya berbagai macam penyakit.

Di sisi lain, kegiatan tersebut juga merupakan salah satu tindaklanjut dan aksi nyata dari Tiga Kunci Pemasyarakatan yaitu deteksi dini dalam upaya mencegah terjadinya gangguan kamtib. Lapas yang bersih dari rumput-rumput liar dapat memperluas ruang pantau petugas untuk melihat ada tidaknya risiko terjadinya gangguan kamtib.

“Kegiatan kebersihan brandgang ini merupakan kegiatan positif yang setiap hari dilaksanakan oleh warga binaan guna meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan. Lingkungan yang bersih tentunya dapat terhindar dari datangnya berbagai macam penyakit. Selain itu, area brandgang yang sudah bersih nantinya akan ditanami berbagai sayur-mayur guna mendukung program pembinaan kemandirian yaitu bertani….” Ujar Agustina.(JN)

Lebih baru Lebih lama