Hasilkan Ratusan Butir Telur Setiap Hari, Warge inaan Lapas Siborongborong Panen Telur Bebek

Bos com,SIBORONGBORONG - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) merupakan salah satu tempat pembinaan bagi narapidana yang memiliki peran penting dalam hal meningkatkan kualitas individu bagi setiap warga binaan. Pembinaan diperuntukan kepada Warge Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu Pembinaan Kepribadian dan Pembinaan Kemandirian.

Pembinaan kemandirian merupakar suatu wadah dalam mengembangkan eterampilan dan minat bakat warga binaan sebagai bekal mereka untuk kembali dan diterima oleh masyarakat pembinaan kemandirian ini dibag menjadi tiga bidang yakni: agrobisnis, manufaktur (pengolahan barang mentah ke barang jadi), dan jasa, Salah satu bentuk Pembinaan Kemandirian pada bidang agrobisnis yang ada di Lapas Kelas IIB Siborongborong adalah pelatihan eternak bebek petelur kepada warga inaan. Seperti yang dilakukan pade Kamis pagi ini dimana warga binaan yang didampingi langsung oleh petugas dari seksi Binadik dan Kegiatan Kerja melakukan panen telur bebek 05/09). 

Kegiatan panen telur bebek ini merupakan hasil dari pelatihan beternak bebek petelur yang diberikan sebelumnya kepada warga binaan. Sehingga dapat dilihat dalam jangka waktu tertentu bebek yang diternak tadi menjadi produktif dengan menghasilkan telur, hal inilah yang menjadi indikator keberhasilannya.

Panen telur bebek petelur ini dilakukan sebanyak 1 (satu) kali sehari dengan penghasilan rata-rata hingga 250 (dua ratus lima puluh) butir telur bebek perhari.

Setiap hari kita melakukan paner terhadap telur bebek sebanyak 1 kali sehari dengan jumlah rata-rata sekitar 250 butir telur bebek perhari, tentunya dengan hasil panen saat ini dapat meningkatkan PNBP di Lapas Kelas l1B Siborongborong dan bisa menjadi sarana bagi WBP untuk mengembangkan diri," ujar Krisman Ziliwu (Kepala Lapas).

Kapas Kelas lIB Siborongborong sendir telah bekerjasama dengan pihak ketiga baik itu dalam hal penyediaan pakan ingga pemasaran telur hasil panen sehingga telur yang sudah dihasilkan pisa langsung didistribusikan kepade konsumen.



Lebih baru Lebih lama