Lapas Kelas IIA Sibolga Menggelar Sosialisasi dan Simulasi Penyelamatan Kejadian Kebakaran

Bos com,SIBOLGA- Lembaga Pemasyarakatan Kelas IA Sibolga menggandeng Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Tapanuli Tengah untuk melaksanakan sosialisasi dan simulasi penyelamatan kejadian kebakaran, Senin (23/09/2024).

Dibuka secara langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IlÀ Sibolga Indra Kesuma, kegiatan dilaksanakan di lapangan olahraga Lapas Sibolga diikuti oleh jajaran petugas dan tamping dapur dengan instruktur profesional dari Petugas Damkar.

"Kegiatan kita pada hari ini merupakan upaya peningkatan kemampuan petugas dan langkah preventif dalam penanggulangan bencana kebakaran. Diharapkan dari kegiatan ini petugas Lapas Sibolga memiliki kemampuan, sikap dan mental dalam mengatasi kejadian kebakaran", ungkap Kalapas.

Instruktur dari Damkar Tapanuli Tengah menyampaikan hal-hal penting yang harus dilakukan saat terjadinya kebakaran diantaranya mematikan sumber api, memutus pasokan oksigen di titik api dan evakuasi bahan/barang mudah terbakar serta teknik dan penggunaan alat pemadam.

Dalam kegiatan ini dilakukan simulasi pemadaman api dengan menggunakan media karung basah dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang dipraktekkan langsung oleh petugas Lapas dan tamping dapur.

Selain itu, Petugas Damkar juga melakukan pemeriksaan jalur evakuasi dan kelayakan bangunan dapur untuk mitigasi bencana kebakaran.(JN)


1/4 BerAl

 LAPAS SIBOLGA

Lebih baru Lebih lama