Apresiasi Kinerja Warga Binaan, Lapas Kelas IIA Pematang Siantar Berikan Premi Kepada Warga Binaan.

Bos com,PEMATANGSIANTAR - Dalam rangka membina dan mengisi keseharian para warga binaan pemasyarakatan agar semakin produktif, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pematang Siantar memberikan kegiatan pembinaan kemandiriaan para warga binaan. Rabu (09/10/24)

Tujuan awal dicanangkannnya progran kemandiriaan adalah sebagai media asimilasi dalam mempersiapkan warga pinaan sebelum kembali kemasyarakat. Selain dapat mengis teseharian mereka di lapas, program kemandirian ini juga difasilitasi agar warga binaan dapat memperoleh seahlian khusus yang nantinya dapat bermanfaat bagi kehidupan mereka sesuai masa binaan.

Lebih dari itu, selama menjalani program kemandirian ini warga binaan juga telah banyak mengasilkan karya-karya yang memiliki nilai jual di tengah mesyarakat. Sayur Hidroponik, Bakery, Tenun, Furniture, Bengkel serta masih banyak lagi telah banyak menghasilkan pundi-pundi rupiah dari hasil penjualannya. Selain disetorkan kembali ke negara sebagai Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), tentunya warga binaan juga berikan upah atau premi atas keterampilan mereka,

Dalam kesempatan ini, Kepala Lapas Pematang Siantar melalui Kasi Giatja, Holmes Siregar menyampaikan Pemberian hak premi ini diharapkar dapat memberikan semangat bagi warga binaan untuk berperan aktif dalam program kemandirian, sekaligus menciptakan motivasi untuk pemulihan dan persiapan mereka untuk kembali ke masyarakat," ucap Holmes.

Premi tersebut diberikan dalam bentuk Tabungan yang mana dapat dibelanjakan untuk kebutuhan sehari-hari warga binaan, atau juga nenjadi bekal bagi kehidupan warge inaan setelah selesai masa binaannya. (JN)

 

Lebih baru Lebih lama