Deteksi Dini Virus TB Dan HIV/AIDS, Lapas Kotapinang Gela Screening dan Pemeriksaan Kepada Warga Binaan

Bos com,KOTAPINANG- Ratusan orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Kotapinang Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara mengikuti screening serta pemeriksaan TBC dan HIV/AIDS dalam rangka deteksi dini penyebaran Virus Tuberkulosis (TB) dan HIV/AIDS, jumat (18/10).

Bekerja sama dengan Dinas Kesehatar Labuhanbatu Selatan, Warga Binaan menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan oleh Tim Dokter dan perawat. Pemeriksaan diawali dengar wawancara, pengambilan sampel darah untuk pemeriksaan HIV dan sampel dahak untuk pemeriksaan TBC.

Kepala Lapas Kotapinang, Loviga Ferdinanta Sembiring S.H.M.H mengatakan screening TB yang jilakukan di antaranya registrasi awa yang pada intinya peserta ditanya mengenai indikasi penyebaran virus dan gejala TB. Kemudian dilanjutkan pemeriksaan sampel dahak. Sedang dalam pemeriksaan HIV/AIDS kata Loviga, dilaksanakan pemeriksaan sampel darah dan konseling HIV. Terima kasih atas kerjasama dar setiap lini atas terlaksananya kegiatar screening, pemeriksaan TB dan VCT HIV/AIDS di Lapas Kotapinang pada hari ini," ucapnya.

Loviga Ferdinanta berharap dengan adanya kegiatan ini peserta dapat mengetahui lebih dini jika ada kasus TB dan HIV/AIDS di Lapas Kelas III Kotapinang. Bahkan akan lebih cepat tertangani jika ada WBP dengan kasus rB dan HIV/AIDS tersebut. "Mar ersama-sama mari kita menjaga bahaya TB dan HIV/AIDS," ajaknya

Loviga Ferdinanta menambahkan pemeriksaan kesehatan akan menjadi kegiatan rutin Lapas Kotapinang. Tidak saja pemeriksaan TB dan HIV/AIDS, kedepan juga diagendakan pemeriksaan kesehatan lainnya.(JN)


Lebih baru Lebih lama