Lapas Gunungsitoli Ikuti Sosialisasi Aplikasi E-SOP Kementerian Hukum Dan Ham Secara Virtual

Bos com,GUNUNGSITOLI-  Lapas Kelas IIB Gunungsitoli turut serta dalam kegiatar Sosialisasi Aplikasi e-SOP Kementerian Hukum dan HAM yang dilaksanakan secara virtual pada Selasa, 1 Oktober 2024.

Kegiatan ini diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sistem kerja di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, khususnya dalam rangka penyederhanaan birokrasi yang menjadi salah satu indikator penting dalam Reformasi Birokrasi (RB) Meso Kemenkumham. Sosialisasi ini bertujuan untuk mengevaluasi Standar perasional Prosedur (SOP) di seluruh satuan kerja di bawah naungar

Kementerian Hukum dan HAM. Melalui aplikasi e-SOP, setiap satuan kerje diharapkan dapat mencapai keseragaman dalam penerapan SOP, sehingga mendukung tercapainya kinerja yang lebih efektif dan efisien di berbagai UPT. Dalam pemaparannya, Fai dari Biro Perencanaan Kementerian Hukum dan HAM menyampaikan bahwa aplikasi e-SOP ini diharapkan dapat menjadi alat untuk memastikan kesamaan standar dokumen SOP di seluruh UPT.

Dengan adanya aplikasi e-SOP Kemenkumham ini, diharapkan seluruh UPT di bawah Kemenkumham memiliki kesamaan dalam penerapan SOP, sehingga proses kerja dapat lebih erstruktur dan seragam di semue tingkatan," ujar Fa'i.

Selain itu, aplikasi e-SOP juga dilengkapi dengan fitur evaluasi yang memungkinkan adanya penilaian berkala terhadap penerapan SOP di setiap satuan kerja. Setiap UPT akan nemiliki satu admin operator yang bertanggung jawab untuk mengelola administrasi terkait penggunaar aplikasi e-SOP ini. Operator tersebut akan mengatur penyimpanan dar pembaruan dokumen SOP, serta melakukan evaluasi melalui form evaluasi yang telah disediakan di dalam aplikasi.

Melalui aplikasi e-SOP ini, diharapkan bahwa Lapas Gunungsitoli, beserta eluruh UPT di bawah Kemenkumham dapat terus meningkatkan capaian kinerja dan mendukung reformasi birokrasi yang lebih bailk. Langkah ini juga menjadi wujud komitmen Lapasfisiensi administrasi dan peningkatar layanan publik yang lebih transparan dan akuntabel.(JN) 


 

Lebih baru Lebih lama