Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Rantauprapat Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila.

Bos com,RANTAUPRAPAT - Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ĺ‚antauprapat menggelar upacara bendera di lapangan serbaguna Lapas Rantauprapat pada Selasa (1/10).

Upacara ini dihadiri oleh para pegawal apas dengan penuh khidmat. Upacara dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan Inspektur Upacara Kepala Lapas Kelas IA Rantauprapat, Batara Hutasoit Dalam sambutannya, Batara menekankan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan pedoman ehidupan berbangsa dan bernegara. Ia juga mengingatkan bahwa Pancasila memiliki nilai-nilai luhur yang harus selalu dijaga dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di lingkungan lapas.

Kita semua, baik pegawai maupun warga binaan, perlu menjadikan Pancasila sebagai panduan dalam erperilaku. Nilai-nilai seperti gotong royong, keadilan, dan kemanusiaan sangat relevan untuk menjaga ketertiban serta mendorong pembinaan di lembaga ini," ujar Batara dalam pidatonya.

Upacara berjalan dengan tertib dar ancar. Para warga binaan juge mengikuti seluruh rangkaian acara dengan disiplin, mulai dari pengibaran endera, pembacaan teks Pancasila hingga momen hening cipta untuk mengenang jasa para pahlawan.

Pelaksanaan upacara ini juga diharapkan mampu memperkuat rasa kebangsaan dan mendorong proses pembinaan karakter bagi para warga inaan, sehingga mereka siap kembali ke masyarakat dengan membawe semangat Pancasila,

Upacara ditutup dengan doa bersama dan penghormatan terakhir kepada sang saka merah putih. Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lapas Ĺ‚antauprapat ini menjadi simbo penguatan nilai-nilai kebangsaan di ingkungan pemasyarakatan.(JN)


 

Lebih baru Lebih lama