Yayasan Moralitas Dizighui Medan Ajarkan Afirmasi Positif Sebagai Strategi Halau Kesedihan

Bos com,MEDAN-Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Medan terus berkomitmen mendukung kesehatan mental dan spiritual bagi Anak Binaan. Salah satu upaya yand lilakukan LPKA Medan adalah bekerja sama dengan Yayasan Moralitas izighui Medan dengan mengajarkar Afirmasi Positif sebagai sebuah strategi untuk menghalau kesedihan bagi Anak Binaan, Kamis (17/10).

Menurut Dedi Rukmana Ginting selaku Staf Pembinaan di LPKA Medan sekaligus pengawas kegiatan mengatakan bahwa berpikir positif tidak muncul secara alami pada diri anak binaan. Padahal berpikir positif itu penting bagi kesehatan dan untuk membangun ketangguhan diri mereka.

Lebih lanjut, la menjelaskan bahwa berpikir positif ini juga menjadi kunci bagi munculnya afirmasi positif, yaitu mantra' yang menjadi alat penting bagi Anak Binaan untuk mendukung diri sendiri. Melalui afirmasi positif. Anak Binaan dapat membantu dirinya mengembangkan kesadaran diri yang sehat serta pola pikir mental-sosial-emosional yang positif.

Afirmasi positif sederhana yang dapat diucapkan Anak Binaan adalah 'Aku Pasti Bisa' atau 'Aku Kuat'. Ketika Anak Binaan mengucapkan mantar disertai dengan membayangkan diri sendiri seperti yang dinyatakan,lama kelamaan pernyataan itu akan menjadi keyakinan,' jelas Dedi Ginting

Sementara itu, Lao Shi Harefa mengatakan bahwa Anak Binaan yang mengalami situasi yang tidak menyenangkan mudah terjebakpada pikiran-pikiran negatif, seperti 'aku nggak disayang',"nggak ada yang suka sama aku,'semua jadi kacau gara-gara aku,'aku memang nakal, jahat. Lalu akan diam, menyendiri, cemas, sedih dan bahkan depresi.

Jebakan pikiran negatif diri sendiri memang sulit dihindari," kata Lao Shi Harefa.

Itulah sebabnya, afirmasi positif penting di ajarkan bagi Anak, khususnya bagi Anak Binaan LPKA Medan," tambahnya.(JN)




 

Lebih baru Lebih lama